Senin, 21 Mei 2012

Kimia-Laju Reaksi

banyak orang yg sambat kalau sudah menyangkut FISIKA ataupun KIMIA. Apakah itu pelajaran yang begitu mengerikan??? Saya rasa tidak jika anda mau mempelajarinya.
Hari ini saya akan membahas tentang laju reaksi. Artikel ini saya buat sendiri lho... bukan copas #bangganya diriku XD
jadi maklum kalau banyak salahnya hehe... Disini saya hanya akan membahas materi tanpa rumus #gw gak tau cara nulis rumus di comp -_-"
ok, langsung saja, ni dia....................

Laju Reaksi

     Laju reaksi menunjukkan besarnya perubahan konsentrasi pereaksi atau hasil reaksi dalam satu satuan waktu.
Zat" yg bereaksi disebut juga reaktan, sedangkan hasil dari reaktan disebut produk.
     Kita ingat kembali bahwa reaksi kimia adalah proses perubahan zat" pereaksi menjadi produk. oleh karena itu, pada waktu reaksi berlangsung, jumlah zat pereaksi akan semakin berkurang sedangkan jumlah produk bertambah.
     Laju reaksi didefinisikan sebagai laju pengurangan konsentrasi molar salah satu pereaksi atau laju pertambahan konsentrasi molar.


Faktor" yg mempengaruhi laju reaksi:
1. Konsentrasi
    Reaksi berlangsung lebih cepat jika konsentrasi pereaksi diperbesar.
2. Luas pemukaan 
    Satu syarat agar reaksi dapat berlangsung adalah zat" pereaksi harus bercampur atau bersentuhan. Pada campuran pereaksi yg heterogen, reaksi hanya terjadi pada bidang batas campuran. Bidang batas campuran inilah yg dimaksud bidang sentuh. Dengan memperluas bidang sentuh, reaksi akan berlangsung lebih cepat.
3. Suhu
    Semakin tinggi suhu reaksi akan semakin cepat.
4. Katalisator
    Katalisator adalah zat yg dapat mempercepat laju reaksi.

ok, itu semua dari saya. mohon maaf saya hanya bisa post segitu saja dikarnakan kemampuan saya yang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar