Senin, 19 September 2011

Kisah Peter & Saudagar kaya


Disebuah desa tepi hutan,tinggalah 3 orang anak.Mereka bernama Chris,jhon&Peter.Mereka bertiga anak yatim piatu.Mereka ditinggal orang tuanya ketika peter berumur 2 tahun.Ayah mereka meninggal ketika bekerja di tambang kapur.Ibunya meninggal karena kebakaran hutan.
Chris adalah anak paling tua diantara 3 bersaudara itu,sedangkan anak terakhir adalah Peter.Chris bekerja sebagai pencari kayu bakar di hutan,Jhon bekerja sebagai nelayan,sedangkan Peter bekerja dirumah yaitu pekerjaan rumah tangga.
“Hei,apa ini”kata Chris saat melihat sebuah edaran.
“ooh,saudagar kaya sedang mencari pekerja baru”jawab pengepul kayu bakar.
“pekerjaan apa?”tanya Chris.
“yaa,apa saja,pokoknya yang dia suruh harus dikerjakan,gajinya juga sangat besar”jawab pengepul.
“wah,aku ingin bekerja disana!”kata Chris besemangat.
“tapi,kau harus hati-hati,banyak yang sudah menjadi korban kepelitannya dan tidak mendapat gaji,padahal sudah bekerja”kata pengepul.
“sepelit apa dia?”tanya Chris.
“aku tidak tahu,itu cerita orang-orang yang pernah bekerja disana”jawab pengepul.
“yasudah,aku pulang dulu ya,terimakasih pak”pamit Chris.
“ya,hati-hati”kata pengepul.
Chrispun pulang ke rumah dan menceritakan yang dialaminya di desa.Rumah Chris berada didalam hutan,rumahnya terbuat dari kayu.
“ya terserah aku tidak tahu kan aku masih kecil,kakak tanya saja sama kak Jhon”jawab Peter ketika Chris menayakan pendapatnya.
“kalau begitu kita tunggu Jhon pulang”kata Chris.
Tak lama kemudian Jhon pulang.
“hai Jhon,kesini sebentar”sapa Chris.
“ada apa kak?”tanya Jhon.Chris menceritakannya lagi.
“coba saja,kitakan belum tahu seberapa pelit saudagar itu”jawab Jhon.
“ok,besok aku kesana”tekad Chris sudah bulat ia akan bekerja disana.
Besoknya Chris ke rumah saudagar kaya.
“tingtung”suara bel saudagar kaya.
“siapa?”tanya saudagar kaya.
“saya Chris,saya hendak melamar pekerjaan disini”jawab Chris.
“ooh begitu,ayo masuk”kata saudagar kaya.
“baik”balas Chris.
“kau akan mendapat gaji sebesar 2.000.000/hari jika berhasil mengerjakan semua tugasmu,tetapi jika tidak kau tidak dapat gaji samasekali”kata saudagar kaya.
“baik,saya mau bekerja disini”Chris menyanggupi dan mulai mengerjakan tugas ringan seperti mengepel,menyapu,membersihkan barang-barang,& membersihkan toilet.
“Chriss,Chiss,dimana kau?”panggil saudagar kaya.
“ada apa tuan?”tanya Chris.
“tolong mandikan kerbau disungai,tapi jangan suruh dia mandi biar mandi sendiri”perintah saudagar kaya.
“tapi tuan...”kata Chris.
“lakukan,atau tidak mendapat gaji”ancam saudagar kaya.
“baik tuan”jawab Chris.Akhirnya Chris pulang tanpa membawa apa-apa.Sampai dirumah Chris bercerita kepada adik-adiknya.
“besok biar aku yang kesana”kata Jhon.
“jangan,kau hanya akan membuang tenagamu untuk mengerjakan tugas biasa dan kehilangan gaji karena gagal mengerjakan pekerjaan yang tidak mungkin dikerjakan!”kata Chris mengingatkan.
“tidak apa-apa,kalau belum dicoba tidak akan tahu kan”Jhon tetap memaksa,akhirnya Chris mengijinkan.Esoknya Jhon pergi ke rumah saudagar kaya.
Jhon langsung diterima dan mengerjakan pekerjaan biasa.
“Jhoon,Jhoon,kau dimana?kemarilah!”panggil saudagar kaya.
“ada apa?”tanya Jhon.
“aku ingin menanam buah-buahan”kata saudagar kaya.
“baik,tuan ingin buah apa?nanti saya tanam di halaman”kata Jhon.
“buah kelengkeng,tapi aku tidak ingin menanamnya di halaman,aku ingin menanamnya di atap”kata saudagar kaya.
“tapi tidak bisa”kata Jhon.
“ya sudah kalau begitu kau tidak mendapat gaji”kata saudagar kaya.Akhirnya Jhon pulang dengan menyesal.
“kak Chris benar”kata Jhon.
“tuuh kan,sudah jangan bekerja disitu lagi!”kata Chris.
“aku jadi penasaran,besok ganti aku yang bekerja disana ya!”kata Peter.
“jangan kau masih kecil”kata Chris&Jhon bebarengan.
“dicoba dulu kak”pinta Peter.
“jangan kau hanya akan dibohongi”kata Chris.
“ya,betul kau hanya akan ditipu”kata Jhon.
“sudahlah kak,aku akan kembali dengan membawa uang yang buanyak”kata Peter.
“ya sudah,terserah kau saja”kata Chris.
“horeee,terima kasih kak”kata Peter.
“hahahaha,aku berhasil menipu mereka sekarang rumahku bersih tanpa harus bekerja keras&membayar mahal”kata saudagar kaya.Besoknya Peter pergi ke rumah saudagar kaya dan melakukan tugas biasa.
“Peter,kemari nak!”panggil saudagar kaya.
“ada apa tuan?”tanya Peter.
“tolong mandikan kerbau di sungai,tapi kerbaunya jangan disuruh mandi,biar dia mandi sendiri”kata saudagar kaya sambil sedikit tertawa.
“baik tuan saya sanggup!”jawab Peter.Saudagar kaya sedikit bingung.
Sampai di sungai peter memecuti kerbau hingga mati dan dijual ke pasar.Peterpun pulang.
“loh,mana kerbau-kerbauku?”tanya saudagar kaya.
“tadi tuan bilang jangan suruh kerbau itu mandi,jadi saya biarkan hanyut”jawab Peter.Saudagar kaya hanya diam dan memberikan gaji hari pertama.
“kamarmu di pojok sana,cepat tidur besok bangun pagi.
“siap”jawab Peter.
“pintar sekali dia,aku harus berhati-hati”batin saudagar kaya.
Esoknya Peter mngerjakan pekerjaan biasa.Sorenya.
“Peteeeer!cepat kesini!”panggil saudagar kaya.
“ada apa tuan?”tanya Peter.
“aku ingin menanam buah kelengkeng,tapi tidak dihalaman,aku ingin menanam di atap”kata saudagar kaya.
“baik tuan”kata Peter.Peter pergi ke pasar untuk membeli perlengkapan.Malam hari Peter baru pulang dari pasar.Saudagar kaya sudah tidur.
“Brak!Brak!”suara berisik terdengar dari atap saudagar kaya.
“Gempa!gempa!tolooong!”teriak saudagar kaya.Saudagar kaya keluar dari rumah.
“Peteeeeer!apa yang kau lakukan?”bentak saudagar kaya.Peter terlihat sedang memacili atap saudagar kaya.
“saya sedang melaksanakan perintah tuan”jawab Peter.
“Brak!Brak!”Peter melanjutkan pekerjaannya.
“stoooooooooop,berhenti!peteeeeer”teriak saudagar kaya.Tetapi Peter tidak mendengar karena suara sekopnya lebih keras.
“GUBRAK!GUBRAK!GUBRAK!”rumah saudagar kaya runtuh.Peter memasukkan biji kelengkeng kedalam puing-puing rumah yang hancur.
“sudah,ini gajimu,sekarang pulaaang!”bentak saudagar kaya.
“baik tuan terima kasih”kata Peter.
“wow,peter kau hebat”puji Jhon.
“bagaimana caranya?”tanya Chris.
“rahasia”jawab Peter.
Akhirnya keluarga Peter menjadi kaya raya dan memiliki usaha yang baik.Chris menjadi pedagang yang sukses,Jhon menjadi juragan ikan,Peter bisa bersekolah dan bekerja sebagai pengepul kayu bakar.



.TAMAT.
.JANGAN PELIT,PELIT PANGKAL MELARAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar